You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
PLN Belum Pastikan Pemilik Kulit Kabel Dalam Saluran
.
photo Jhon Syah Putra Kaban - Beritajakarta.id

PLN Belum Pastikan Pemilik Kulit Kabel dalam Saluran

Belum bisa dipastikan itu kabel PLN. Hasil sampel yang kamu dapat dari sana, kupasan kabel itu adalah armor atau pelindung kabel

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) telah mengambil sampel bungkus kabel yang ditemukan di dalam saluran air. Bungkus tersebut bernama armor atau pelindung kabel yang memiliki nilai jual. Namun, hingga saat ini belum bisa dipastikan kabel tersebut merupakan milik PLN.

Humas PLN Disjaya, Mambang Hertadi mengatakan, pihaknya juga sudah menyerahkan penyelidikan penemuan bungkus kabel tersebut kepada kepolisian. Akan tetapi, pihaknya juga mengambil sampel kabel untuk menganalisa jenis kabel.

Koneksi Saluran di Jl Medan Merdeka Utara Ditelusuri

"Belum bisa dipastikan itu kabel PLN. Hasil sampel yang kami dapat dari sana, kupasan kabel itu adalah armor atau pelindung kabel," kata Mambang, Kamis (3/3).

Dia merinci, lapisan kabel yang ada, yakni mulai dari inti kabel, lapisan karet plastik, karet, armor, dan karet luar. Armor berguna untuk melindungi kabel terjaga dari benda tajam dan keras.

"Armor ini ada nilainya, bisa dijual. Sekarang begitu banyak, ada berapa duit tuh. Harganya saya kurang paham, kalau sampai belasan truk itu banyak loh duitnya, masa dibuang-buang," ucapnya.

Dia mengatakan, dari sampel yang dibawa armor yang ditemukan berdiameter 3-5 sentimeter (cm) dengan panjang potongan 150 cm hingga 180 cm. Sementara PLN menggunakan armor dengan diameter mencapai 10 cm ke atas.

"PLN tidak menggunakan kabel diameter 3-5 cm. PLN menggunakan kabel diamater 10 cm ke atas. Dan panjang kupasan yang biasa PLN lakukan, itu 45-75 cm. Kabel penampang yang dipakai 240 mm. Jadi armornya diatas 10 cm," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1298 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1258 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1209 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1093 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye832 personFolmer